Karaoke Hanya Bersama Diri Sendiri

Hi! It's me, Tinta Sasa! Jadi, aku mau cerita tentang pengalamanku karaoke sendirian! YAP benar, s e n d i r i a n. Mulai dari milih ruangan sampai harga karaokenya aku akan coba jelaskan di sini, dan ini bakal jadi cerita yang saaaaangat panjang. Jadi, sabar-sabar ya, Friends! Ok let's start!( ๑>ᴗ<๑ )

Aku adalah seorang mahasiswi Teknik semester 7 di Jakarta. Hmm sebenarnya sekarang aku sudah masuk semester 8, sih. Tapi, waktu aku karaokean itu pas masih semester 7. Waktu itu hari Kamis, bulan Desember 2022 sekitar pukul 11.30 WIB. Memang saat semester 7 itu, mata kuliah yang aku ambil sudah tinggal sedikit, sih, yaa satu hari satu Matkul, deh. Nah, sebenarnya, dari sehari sebelumnya, tuh, aku udah mikir-mikir mau nyoba karaoke sendiri. Sempat ada rencana karaoke ramean bareng temen, tapi gak nemu jadwal yang pas (karena perbedaan Matkul yang kami ambil). Setelah mikir semalaman, aku ke kampus, kan, terus pulang naik KRL. Nah, selama di stasiun, aku juga mikir terus, tuh (maklum, MBTI-ku INTP). "Karaoke gak ya? Karaoke? Nggak? Karaoke? Nggak?" sambil ngitung kancing kemeja. Dan akhirnya aku memutuskan untuk karaoke sendiri hahahaha.

Jujur, aku belum pernah karaoke sendiri di tempat karaoke yang beneran. Kalau di Fun World, sih, pernah. Tapi ini kan tempat karaoke yang beneran karaoke gitu wooow! Pas masuk tempat karaokenya, sepiii banget. Langsung aja tuh aku disambut oleh mbak-mbak yang yaaaa sedikit tidak ramah (mungkin karena aku terlihat seperti orang yang polos tidak tau apa-apa haha, walaupun sebenarnya ya memang iya, sih, soalnya baru pertama kali broow). Setelah memesan ruangan (yang isinya 3 orang, karena gak ada yang hanya 1 orang saja) dan milih durasi (aku waktu itu milih 1 jam aja, karena uangku pas-pasan brow hahaha), ternyata harus beli FnB-nya jugaaa! (FnB tuh makanan dan minuman, ya). Dan gak boleh beli Aq*a (karena terlalu murah, maybe?). Di situ aku kaget, sih, kirain tuh aku bakal ngeluarin uang untuk ruangan dan pajaknya aja, taunya harus beli FnB juga. Tapi, ya okelah, aku pesan kentang goreng aja (paling murah). Ohya, ini tipenya pake dulu baru bayar, ya. Jadi, kamu karaokean dulu sesuai durasi yang udah dipilih, baru, deh, bayar di kasir depan tadi yang ada mbak-mbak "sedikit tidak ramah" itu.

Setelah mesen ruangan dan durasi, dikasih bukti pembayarannya, lalu aku diantar oleh mas-mas ke ruanganku di lantai 3 (naik lift). Pas masuk, mas-masnya atur mic, speaker, dsb dulu. Nanti, mas-masnya nanya "mbak, udah pernah karaokean, kan? bisa, ya ngatur-ngatur tab-nya?" itu tuh bermaksud kalau emang kamu gak pernah atau gak tau cara ngoperasiin alatnya, bisa dibantu sama mas-masnya. TAPI, karena aku gengsi dan takut dicap norak, jadinya aku iya-iya aja, tuh, hahahaha padahal, mah, ya, aku pernah, sih karaokean, tapi itu udah 12 tahun yang lalu HUHUHU plus yang ngatur-ngatur juga Ayahku. Hmmm tentu aku gak tau sama sekali. Sebenarnya, sehari sebelumnya tuh aku udah research dulu di Google, YouTube, Twitter, FB gimana cara karaokean sendiri dan ngoperasiin tab karaokenya. Tapi, ya seperti yang kita tau, teori selalu lebih mudah dibandingkan saat praktik hahaha.

Yaudah tuh, karena aku jawab "iya, mas, bisa kok", alhasil si masnya "oke" tuh. Setelah itu, mas-masnya ngejelasin kalau mau memesan FnB bisa langsung klik "Service" yang ada di tablet (selanjutnya akan aku ketik "tab") untuk tempat milih lagu. Untuk menu-menunya, kamu bisa scan barcode yang ada di atas meja di ruanganmu. Ohya, ini aku cerita dulu, ya, baru nanti kukasih tips untukmu yang mau karaoke sendirian biar gak kaku!

Setelah itu, udah tuh, karena aku banyak bingungnya, jadi banyak waktu yang terbuang sia-sia. Aku bingung gimana nambah lagu, bikin playlist, dan gimana biar suara lagunya keluar. Ada kali, tuh, aku ngabisin 10 menit hanya untuk otak-atik tab-nya. Aku panikan banget. Makanya, maaf banget, ya, saking paniknya aku, jadi gak sempat foto-foto di dalam ruangannya. Gak sempat juga foto tab-nya HUHU. Panik plus mau melepas penat juga, jadi aja aku gak mikirin foto-foto. Nah, aku ambil yang 1 jam kan, terus saking paniknya itu, aku baru mesen kentang goreng di 10 menit terakhir:"). Jadinya selama aku karaoke, mas-masnya suka bolak balik ke ruanganku untuk nanyain "mau pesan kapan, mbak? mau pesan apa, mbak? mbak, sudah mau pesan?" Padahal, mah, ya, aku ge bakal pesen atuh da aku juga tau kalau harus mesen. Udah ada tombol "Service" juga tinggal touch di tab-nya, ngapain, sih, pake bolak-balik masuk ke ruanganku. Kan, jadinya aku keganggu hftttt.

Selama aku karaoke, yaaa karena aku anaknya pemalu padahal di ruangan itu juga gak ada siapa-siapa hahaha. Jujur, saat itu, aku gak begitu enjoy nyanyinya. Banyak faktor, sih, karena baru pertama kali, gak paham cara ngoperasiin tab-nya, lupa bikin list lagu yang mau dinyanyiin, malu takut ada yang dengar suara fals-ku, dan lain sebagainya. Jadi, kayak yang karena sudah panik di awal, jadi ke sananya "bete", deh. Bete maksudnya, aku jadi banyak pikiran kayak "ini bener gak, sih gue karaoke gini? Apa harusnya gak usah, ya? Apa harusnya gue dengar lagu pake earphone seperti biasa aja, ya?" gitu deh, jadi pengen nangis saat itu hahaha. Tapi, so far so good, kok! Itu wajar, karena, kan, baru pertama kali. Tentu kita harus salah biar tau yang benernya gimana.

Aku nyanyiin beberapa lagu;

  1. Enchanted - Taylor Swift (nyanyiin 2x karena aku panik)
  2. Love Story - Taylor Swift (ini juga 2x)
  3. Incomplete - Sisqo
  4. Beautiful - NCT 2021 (ini juga 2x)
  5. Beatbox - NCT Dream (ini juga aku nyanyiin 2x)
  6. Bersamamu - Vierra
  7. Jatuh Hati - Raisa (2x)
  8. Menua Bersama - Rahmania Astrini

Lumayan banyak, kan? Nah, apalagi kalau kalian udah bikin list sebelumnya, tentu akan lebih mudah buat mental kalian. Tenang aja, gak usah buru-buru karena di bagian atas tab-nya ada keterangan waktunya, kok. Kapan batas waktu kalian, dan masih bisa nambah, nanti mas-masnya suka nawarin mau nambah apa nggak. Tentu bayarnya juga nambah, dong. Hehe.

Lanjuuutt.... Masih kuat baca, kan? Hehehe.

Udah satu jam (tak terasa). Akhirnya aku memutuskan untuk pulang. Eiiitsss bayar dulu, dong hahaha. Ok aku rinciin, ya, biar kalian ada bayangan:

1. Sewa ruangan = Rp39.000 (ini yang kapasitasnya 1-3 orang)

2. Kentang goreng = Rp37.000

Total = Rp76.000

3. Service FnB 5% = Rp1.850

4. Service ruangan 5% = Rp1.950

5. Pajak FnB 10% = Rp3.885

6. Pajak ruangan 30% = Rp12.285

TOTAL = Rp95.970

Jangan kaget lihat pajak ruangan 30%, karena memang segitu ketentuannya. Bisa dicek di Google, ada tuh ketentuan-ketentuan pajak karaoke, hotel, dsb (untuk pengetahuan aja).

Yap, untuk Rp95.970 dikeluarkan sendiri untuk karaoke selama satu jam, sih, oke-oke aja lah, ya, kalau sekali-sekali mah gapapa. Untuk self reward hahaha. Walaupun aku juga agak "DEGGG!" sih pas ngeluarin uangnya hahahaha kayak habis melakukan kesalahan. Maklum, aku anak kuliahan yang belum berpenghasilan. Kecuali kalau kamu anak sultan, boleh tuh karaoke seminggu sekali.

OK! Saatnya masuk ke tips dari aku untuk kalian!

1. Usahakan sudah punya list lagu, ya! Biar di sana tinggal masuk-masukin aja lagu-lagunya ke tab-nya (bagian Playlist).

Maaf aku gak foto bentuk/visualisasi tab-nya. Jadi, lebih baik kalian explore sendiri aja ya xixixi. Intinya, kalau kalian butuh bantuan, bilang aja ke mas-masnya! Jangan gengsi kayak aku hahahaha! At least, kalau udah punya list dan berani nanya, kalian gak perlu terlalu panik dan bisa enjoy karaokeannya.

Di tab-nya tuh ada banyak pilihan lagu, nama penyanyi, album, dsb. Tergantung kalian mau nyari lewat judulnya atau penyanyinya. Harusnya, sih, ketika kalian klik judulnya saat itu juga, itu udah auto masuk ke playlist kalian. Kalian bisa klik yang bagian "Playlist" untuk lihat lagu-lagu yang sudah kalian pilih.

2. Langsung pesan makanan! Menghindari mas-mas yang bolak balik nanya kapan kalian pesan.

3. Pede aja! Gak usah malu kalau suaramu fals. Toh, orang-orang juga gak akan peduli.

4. Jangan lupa rekam ruangan, suara kalian pas nyanyi, dsb untuk kenang-kenangan. Siapa tau kan, kalian mau nulis Blog tentang pengalaman karaoke diri kalian sendiri.

5. Punya uang (itu wajib hahaha)

6. Not recommended kalau kalian tipe yang sukanya dengarin musik pake earphone. Mmmmmaksudku, ya daripada kalian buang-buang uang ratusan ribu dalam sehari, lebih baik kalian menikmati lagu seperti gaya kalian biasanya aja. Tapi, seperti yang aku bilang di atas, kalau kalian kepo dan mau self reward, boleh lah sekali-sekali karaokean sendiri.

Yang aku sayangkan sih, sebagai fans YOASOBI dan RADWIMPS, di Happy P*pp* belum ada lagu-lagu dari band tersebut HUHUHU. Semoga ke depannya ada improvement, ya! Biar aku karaokean lagi. DAN semoga pas aku karaokean sendiri nanti, aku udah jago ngoperasiin tab-nya hahaha! Aamiin.

Ini ada contoh gambar tab-nya. Semoga kelihatan, ya. Aku ngambil dari Facebook-nya Happy P*pp* Mampang.

Gambar 1. Contoh tab di HapPup

Sudah, sih, segini dulu saja, ya. Maaf kalau tulisanku masih berantakan tidak sesuai PUEBI. Maklum, ini sudah pukul 23.43 WIB, aku sudah ngantuk TAPI masih mau nulis blog hehehe.

Untuk kalian yang mau karaokean sendiri, jangan takut dan enjoy sajaaa! Siapkan uang dan mental (untuk yang baru pertama kali). Mental maksudku, tuh, lebih ke kalian harus siap menghadapi situasi saat kalian bingung dan panik karena baru pertama kali. Bukan soal kesendiriannya. Kalau soal sendirian, mah, santuy ajaaaa ya, kan?

Bye-bye, Friends! Terima kasih sudah mau baca. Semoga tulisanku ini bermanfaat untuk kalian, ya.

BTW, saran sapaan buat kalian dong untuk blog-ku! Kalau "Friends" agak gimana gitu, ya. Coba boleh komentar, kira-kira sapaan yang bagus untuk menyebut kalian di blog-ku apa. Hehehe Hanupis Hatur Nuhun Pisaaaaann.

Komentar